Diklat Manajeman Strategi Menembus Pasar Ekspor Bagi UMK Se Nusa Tenggara Barat

Hello sahabat Koperasi dan UMKM NTB, Kadiskop UKM NTB Ahmad Masyhuri,SH didampingi Kepala UPTD Balatkop UKM NTB Drs.Dikdik Kusnandika,MM membuka Diklat Manajeman Strategi Menembus Pasar Ekspor Bagi UMK Se Nusa Tenggara Barat Angkatan 1 dan 2 tyang diikuti oleh 60 peserta berasal dari Kabupaten Kota dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. dikalat dilaksanakan di UPTD Balatkop UKM NTB dari tanggal 27 – 31 Mei 2024. (28/5/2024)


Kadis dalam sambutannya mengatakan ada beberapa permasalahan yang mungkin membuat prodak UKM tidak mudah menembus pasar global diantaranya mungkin kita nggak tahu bagaimana menembus pasar, mungkin barang kita kualitasnya belum mampu menembus pasar global, kita tidak punya jaringan untuk menembus, berikutnya mungkin volume usaha kita tidak cukup untuk mengirim barang keluar.
Kata Kadis InsyaAllah para peserta tetap optimis, dari dinas tetap mendukung dan menghadirkan narasumber narasumber yang memang kompeten dalam bidang Ekspor seperti dari Balai Diklat Koperasi UKM NTB, Kabid Pembinaan UKM Kabid FPSP, Dinas Perdagangan Prov.NTB, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Biaya dan Cukai Mataram, Dekranasda NTB, PT. Pos Indonesia Cabang Utama Mataram, dan PT. Angkasa Pura.


Melalui diklat ini diharapkan prodak UKM bisa tembus Pasar Global tentunyta dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas barangnya, menghidupkan jaringan-jaringan yang mungkin ada dan menambahkan peluang dengan berkomunikasi dengan dinas atau instansi terkait lainnya.
Panitia Diklat Kasi Peningkatan Kafasitas SDM Amran, SPd.SST.MPSSp dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UKM untuk melakukan ekspor, Perusahaan mampu meningkatkan kuantitas produk ekspor dan meningkatkan kualitas produk yang sesuai dengan standar ekspor serta meningkatkan ekspor produk NTB dan meningkatkan nilai perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *