Pengusaha Sukses Di Era Modern

Kemiskinan yaitu orang yang belum mampu memenuhi kebutuhan pokok hidupnya diukur dari sembilan  bahan pokok, muncullah kemiskinan mutlak dengan garis kemiskinan Rp. 423.505 per bulan  untuk NTB, 2021 (Prof. Sayogyo).  Kemiskinan kultural, kemiskinan yang disebabkan karena budaya atau adat istiadat, misalnya upacara adat yang besar-besaran atau yang lainnya. Jumlah penduduk Nusa Tenggara Barat sebanyak 5,32 juta jiwa dengan jumlah penduduk yang bekerja 2,64 juta jiwa, sedangkan jumlah penduduk yang miskin sebanyak 735.300 jiawa (BPS,2023).

(H.Moh.Imran-Widyaiswara Ahli Madya UPTD Balatkop UKM NTB)

Menurut Richard De George Pengusaha bisa menjadi sukses apabila memiliki tiga kemampuan atau keahlian yang saling mengikat antara lain :

  1. Memiliki produk yang baik
  2. Menentukan bahan baku yang tepat
  3. Prosesnya memiliki standar
  4. Memiliki Manajemen yang baik
  5. Pengelolaan Produknya
  6. Pengelolaan Keuangannya
  7. Memiliki Etika
  8. Sikap atau perilaku
  9. Komunikasi

Pendapat ahli yang lain seperti Bill Gates mengatakan sukses dengan 3 kualitas utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha antara lain (1) Harus memiliki keuanggulan dalam membaca buku karena sangat bermanfaat untuk meraih sukses; (2) Memiliki Determinasi Tinggi karena untuk sukses memang diperlukan kerja keras dan komitmen yang tinggi; dan (3) Berpikir Positif karena dengan pikiran yang positif maka kita akan termotivasi untuk bisa.

Sebagai penunjang dan sangat penting adalah kejujuran, termasuk salah satu kunci dari kesuksesan dalam menjalankan usaha, kejujuran adalah kunci dari keberhasilan dalam segala hal, baik itu bisnis maupun aktivitas lainnya. Kejujuran juga merupakan kunci untuk memperbaiki diri dari kehancuran di masa depan. Kenapa kejujuran memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan ? karena di muka bumi ini tidak ada satu pun manusia yang mau berteman dan hidup dengan seorang pembohong, karena manusia tidak  ada yang mau dirugikan.

Kita selalu menginginkan orang-orag disekitar kita berlaku jujur kepada kita, tapi sudahkah kita sendiri jujur kepada mereka? Maka mulailah dari diri kita sendiri. Mungkin awalnya sulit tapi jika kita terus belajar dan berlatih, maka kita akan menjadi pribadi yang sangat hebat. Apapun cita-cita yang ingin kita raih pasti akan tercapai, jika ingin menjadi seorang milliader atau pengusaha sukses, pasti bisa. Bukankah tidak ada orang yang ingin menginvestasikan uangnya kepada orang atau perusahaan yang tidak jujur.

Oleh karena itu, apabila saat ini kita memiliki impian yang besar, maka wujudkanlah dengan memegang teguh prinsip kejujuran. Kejujuran memang obat yang pahit, tapi akan menghasilkan daya juang yang kuat dan bisa menghasilkan suatu kekuatan yang dahsyat. Untuk itu mari kita belajar dan berlatih mulai hari ini dan seterusnya untuk bisa bersikap jujur, karena kejujuran akan mengantarkan kita pada kebahagiaan hidup yang hakiki di muka bumi terlebih lagi di akherat nanti. Semoga tulisan ini ada manfaatnya, Aaamiin Ya Rabbal Aalamiin. (H.Moh.Imran-Widyaiswara Ahli Madya UPTD Balatkop UKM NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *