Road Show Ke Maskapai

Untuk menjawab keluhan masyarakat ttg terbatasnya frekwensi dan jalur penerbangan serta mahalnya tiket pesawat dari dan ke NTB, alhamdulillah ditengah padatnya agenda tugas dinas di Jakarta, saya berkesempatan bertemu pimpinan maskapai di jkt.

Kamis, 26 oktober 2023, didampingi Dr. Ismail, Dirjen SDPPI Kemenkominfo bertemu dengan Presiden & CEO PT Garuda Indonesia – Irvan Setiaputra di kantornya di Kebon Sirih.

Selesai pertemuan dengan pimpinan Garuda Indonesia, didampingi Kadis Perhubungan Provinsi NTB, bertemu dengan Direktur Operasi Air Asia – Capt Wuri Septiawan dkk. Selanjutnya bertemu Presiden Direktur Lion Air – Rudi Lumingkewas.

Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan maskapai, disampaikan keluhan, harapan dan prospek pembangunan di NTB terutama sektor pariwisata dan investasi yg sedang menggeliat.

Kondisi penerbangan yg terus full meski harga tiket mahal menunjukkan demand yg sangat tinggi terlebih bila ada event seperti motogp, event MICE ataupun saat weekend.

Beberapa jalur dimohonkan untuk di tambah frekwensinya seperti Lombok – Denpasar, Lombok – Surabaya dan Lombok – Jakarta. Adapun beberapa rute baru yg diusulkan untuk di buka atau dihidupkan kembali seperti : Lombok – Bandung, Lombok – Makassar bahkan Lombok – Perth Australia Barat.

Para pimpinan maskapai sesungguhnya mengakui potensi pasar yg sangat baik melayani route dari dan ke Lombok. Namun karena pertimbangan keterbatasan pesawat, harga avtur yg mahal dan permasalahan domestik lainnya akibat pandemi Covid 19, dengan sangat terpaksa dilakukan pengurangan dan penghentian layanan pada beberapa route. Namun semua pimpinan maskapai berjanji, akan prioritaskan menghidupkan kembali dan menambah frekwensi penerbangan sebagaimana diusulkan bila situasi dan kondisi sdh pulih kembali.

Para pimpinan maskapai menyambut baik dan mengapresiasi sillaturrahmi ini dan segera menindak lanjuti usulan2 yg telah di sampaikan tersebut. Semoga segera ada tindak lanjutnya…..Aamiin YRA. (H.Lalau Gita Ariadi – Pj Gubernur NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *