Diskop UKM NTB: Jumat Salam Di Kelurahan Kekalik Jaya

Hello sahabat Koperasi dan UMKM NTB, rombongan Diskop UKM NTB tadi pagi meluncur ke Kelurahan Kekalik Jaya Mataram untuk melaksanakan Program Jumat Salam, sebuah program strategis PJ Gubernur NTB sebagai ajang untuk bersilaturahim dengan warga sekaliguas untuk mendengarkan keluhan atau masalah yang di hadapi di desa atau kampungnya sehinga bisa dicarikan solusi, yang nantinya bisa diprogramkan agar bisa tuntas masalah yang dihadpi.. (19/1/2024)

Sekretais Diskop UKM NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jumat salam adalah jumpa masyarakat selesaikan aneka persoalan masyarakat, sedangkan tujuan dari Diskop UKM NTB datang ke kekalik Jaya untuk mengetahui apa saja yang menjadi persoalan yang dihadapi di masyarakat dengan jumlah penduduk 11 ribu lebih.

“Diskop UKM NTB sendiri memiliki tujuan bagainana mengembangkan kapasitas SDM bagi pengelola UKM dan Koperasi “. Kata Fauzan sambil memperkenalkan satu persatu dari Kepala Bidang, Kepala UPTD Balatkop UKM NTB, Widyaiswara dan tugasnya masing-masing, dimana, apa yang menjadi persoalan mengenai UKM dan koperasi bisa diselesaikan.

Selain itu Fauzan juga ingin mengetahui berapa jumlah stunting yang ada di Kekalik Jaya, dengan harapan dapat menekan angka Stunting, tujuan lain adalah bagaimana mengentaskan kemiskinan ekstrim melalui peningkatan daya beli masyarakat dengan cara meningkatkan juga UKM di kekalik Jaya sehingga perekonimian warga lebih sejahtera.

Fauzan terakhir berpesan, menjelang pesta demokrasi yang sebentar lagi tanggal 14 Pebruari 2024 yakni Pilpres dan Pileg, Fauzan mengajak mari menghomrati perhelatan besar atau gawe nasional ini dengan riang gembira meski beda pilihan dan menjaga kondusipitas keamanan dan ketertiban.

Dalam diskusi salah seorang mewakili warga menyampaikan permintaan agar bagaimana mengatasi limbah dari produksi tahu tempe sehingga tidak menimbulkan bau, Ia pun menceritakan pernah dibuatkan penampungan namun belum maksimal sehingga perlu perbaikan lagi.

Selain warga khusus pelaku UKM ingin mendapatkan nmodal usaha dan pelatihan yang nantinya bisa mengkatkan usaha mereka.

Sementara laporan dari Sekertaris Lurah, dari data yang ada Kelurahan Kekalik Jaya memiliki jumlah penduduk 11 ribu lebih dengan jumlah KK sekitar 3.500 lebih dari jumlah lingkungan sebanyak 6 wilayah, diantaranya kekalik Indah 11 RT, Kekalik Timur 10 RT, Kekalik Kijang 5 RT,Kekalik Barat 5 RT,Kekalik Grisak 5RT dan 5 RT Desa Taman. Mayoritas mata pencaharian masyarakat Kekalik Jaya adalah 80% l;ebih pengusaha tahu dan tempe sebagiannya adalah menengah ke atas sebagai pegawai dan swasta.

Hadir juga dalam Jum’at Salam di Kelurahan Kekalik Jaya, Sekretaris BPSDM NTB Lalu Adi Wahyudi Adi Guna S.Pt,MM, Semua Kepala bidang dari Bidang UKM,Perkoperasian, Pebiayaan dan Pengawasan, Semua Widyaiswara serta belasan warga setempat.(Tim PPID Diskop UKM NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *