RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) KOPERASI DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

Merujuk Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Pasal 22 (1) Rapat Anggota merupakan  pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi dan  Pasal 26 (1) Rapat Anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam 1 (Satu) tahun serta Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 360/112/BPBD.NTB/2021 Tanggal 22 Januari 2021 tentang Pelakasanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk mendukung Pemerintah dalam menekan angka terjangkitnya virus covid -19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tidak kunjung berakhir mungkin dipandang perlu Kepala Dinas Koperasi UKM  selaku Pembina Koperasi untuk mengedukasi atau mensosialisasikan tata cara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi dalam situasi pandemi sehingga tidak melanggar protokol Kesehatan dan  pengurus dapat mempertanggungjawabkan kegiatannya kepada anggota selama satu tahun sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tanggal 28 September 2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sudah diatur beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengurus koperasi sesuai dengan kemampuan dan sumber daya manusia koperasi itu sendiri seperti sebagai berikut :

  1. Pasal 7 (5) huruf C berbunyi Penundaan terhadap Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) oleh Koperasi harus diberitahukan pada anggota dan Pejabat yang berwenang;
  2. Pasal 13 (1) huruf A. berbunyi Rapat anggota kelompok dapat dilaksanakan apabila jumlah anggota koperasi lebih dari 500 (lima ratus) orang dan Pasal 14 (6) Keputusan, saran dan usul kelompok, yang disertai daftar hadir Rapat Anggota Kelompok, disampaikan oleh utusan/wakil kelompok kepada pengurus/panitia rapat anggota paripurna;
  3. Pasal 15 Rapat Anggota tertulis dapat dilaksanakan dengan sistem tertulis jika tidak dimungkinkan untuk menghadirkan anggota dalam satu tempat atau hal lainnya karena alasan keberadaan dan penyebaran anggota;
  4. Pasal 16 Rapat Anggota melalui Media Elektronik, Rapat anggota dapat juga dilakukan melalui media Telekonferensi, Vidio Konferensi atau sarana media elektronik lainnya yang memungkinkan semua peserta dalam Rapat Anggota.

Sehubungan dengan opsi-opsi yang diberikan oleh pemerintah beserta penjelasan secara rinci ada pada Peraturan Menteri tersebut, maka pengurus dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai kemampuan dan kondisi koperasi yang bersangkutan serta tidak melanggar aturan protokol Kesehatan yang berlaku dan kita juga dapat menghindari kerumunan yang menyebabkan meluasnya virus covid-19 sehingga dikhawatirkan munculnya klaster-klaster baru.

INGAT GERAKAN 5M COVID-19

  1. Memakai Masker;
  2. Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir;
  3. Menjaga Jarak;
  4. Menjauhi Kerumunan;
  5. Mengurangi Mobilitas.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

PATUH KEPADA PEMERINTAH DALAM RANGKA TAAT KEPADA RASULULLAH     DAN    ALLAH SWT

 INSYA ALLAH TERHINDAR DARI VIRUS COVID-19

About admin