PERAN PEMBINA KOPERASI DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Mataram 22/2/2021): Anggota koperasi pada saat menghadapi pandemi covid-19 terasa berat dimana harga kebutuhan pokok terus melambung sementara disisi lain masyarakat atau anggota koperasi dibatasi pergerakannya dalam mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya. Dalam kita berkoperasi kita kenal istilah Anggota sebagai Pemilik dan Pengguna Jasa Koperasi, mungkin yang dapat dilakukan oleh Pembina adalah melakukan edukasi secara berkala dan berkelanjutan kepada semua anggota koperasi agar memahami secara detail apa peran anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi karena maju mundurnya koperasi tergantung dari anggota itu sendiri. Peran anggota koperasi yang harus dilakukan oleh setiap anggota adalah sebagai berikut :

  1. Semua anggota yang memiliki kelebihan rezeki untuk menabung atau menyimpan uangnya di koperasi;
  2. Semua kebutuhan anggota baik berupa kebutuhan pokok sehari-hari harus belanja di koperasi dan kebutuhan financial juga harus minta pinjaman atau pembiayaan melalui koperasi;
  3. Dalam rapat-rapat koperasi harus lebih aktif memberikan saran dan kritikan yang sifatnya membangun;
  4. Semua anggota koperasi harus aktif dalam mengawasi jalannya koperasi itu sendiri,

Sebagai seorang Pemilik, Kewajibannya adalah Bertanggungjawab terhadap keberlangsungan koperasi, Bertanggungjawab menjaga permodalan koperasi dan melakukan kontrol terhadap kepatuhan koperasi, sementara Haknya adalah Mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU, Hadiri Rapat Anggota (RA), Hak suara dalam RA dan Dipilih dan memilih pengurus dan pengawas.

Sebagai Pengguna Jasa, Kewajibannya adalah Aktif bertransaksi di koperasi, Mempromosikan produk koperasi dan mendorong masyarakat menjadi anggota koperasi, sementara Haknya adalah setiap transaksi diperhitungkan dalam SHU, Pelayanan Prima dan Mendapatkan diskon dalam bertransaksi.

Target dalam mengedukasi dan memotivasi Anggota dan karyawan dalam mengatasi permasalahan di tengah Covid-19 adalah sebagai berikut :

  1. Bagi Anggota :
  2. Tidak melakukan penariksan simpanan secara besar-besaran;
  3. Memahami dampak pandemic global terhadap koperasi;
  4. Meningkatkan simpanan wajib dan simpanan pokok koperasi untuk segmen anggota tertentu;
  5. Mengajak/membawa anggota baru koperasi;
  6. Tidak keluar menjadi anggota.
  7. Bagi Karyawan :
  8. Memahami dan kebijakan dalam situasi krisis;
  9. Bersama-sama melaksanakan “protokol Kesehatan” koperasi;
  10. Memiliki nilai tambah seperti Motivasi, Integriras, Inisiatif, kompetensi;
  11. Mind-Set baru pelayanan prima;
  12. Bersiap-siap masuk New Normal.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

JIKA KITA BERFIKIR POSITIF MAKA AKAN BERDAMPAK POSITIF DAN BERADA DALAM SITUASI YANG POSITIF

 

  1. Mohamad Imran, SE.,M.Si – Widyaiswara Madya

About admin