Motivasi Anggota Dan Karyawan Koperasi Terdampak Covid-19

Karyawan koperasi adalah merupakan asset dari koperasi itu sendiri dan berperan terhadap keberhasilan koperasi dalam mengatasi krisis atau permasalahan yang dihadapi di tengah mewabahnya virus covid-19 yang sudah berlangsung hampir lima bulan. Jika kita berfikir positif maka akan berdampak positif dan berada dalam situasi yang positif. Kejadian sering mempengaruhi cara kita berpikir dan merasakan serta menyikapi dengan cara yang berbeda-beda seperti ada yang masa bodoh (No Problem), ada yang merasa terbebani (Pesimis) dan ada pula yang dihadapi (Optimis).

Kadar manusia dalam menghadapi permasalahan itu ada yang positif dan ada yang negative. Yang Positif (Winner) biasanya bertanggung jawab, Bersyukur, Ikhlas, Kredibel, Punya prinsip positif memahami kejadian secara responsive proaktif. Sementara yang Negatif (Whiner) biasanya suka menyalahkan, suka menyangkal, berfikir selalu negative, menggerutu dan viclim blaming.

Tantangan pengurus/pengelola dalam memotivasi anggota antara lain :

  1. Rasa tidak memiliki koperasi sehingga rendahnya tanggungjawab dalam memajukan koperasi;
  2. Memposisikan dirinya sebagai nasabah sehingga dia akan berurusan dengan koperasi apabila mau pinjam jika tidak diberikan dia akan keluar;
  3. Enggan bertransaksi dengan koperasi dengan berbagai alasan seperti ditempat lain bunganya kecil sementara di koperasi urusannya rumit dan sebagainya.

Kita sadari bahwa maju mundurnya koperasi sangat tergantung kepada peran anggota itu sendiri, sebagai seorang anggota dalam berkoperasi adalah anggota sebagai Pemilik dan Pengguna Jasa koperasi itu sendiri, jadi setidak-tidaknya ada empat peran yang harus diakukan oleh seorang anggota antara lain sebagai berikut :

  1. Menabung di koperasi;
  2. Pinjam uang dan belanja di koperasi;
  3. Aktif dalam rapat anggota;
  4. Ikut mengawasi jalannya koperasi.

Sebagai seorang Pemilik, Kewajibannya adalah Bertanggungjawab terhadap keberlangsungan koperasi, Bertanggungjawab menjaga permodalan koperasi dan melakukan control terhadap kepatuhan koperasi, sementara Haknya adalah Mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU, Hadiri Rapat Anggota (RA), Hak suara dalam RA dan Dipilih dan memilih pengurus dan pengawas.

Sebagai Pengguna Jasa, Kewajibannya adalah Aktif bertransaksi di koperasi, Mempromosikan produk koperasi dan mendorong masyarakat menjadi anggota koperasi, sementara Haknya adalah setiap transaksi diperhitungkan dalam SHU, Pelayanan Prima dan Mendapatkan diskon dalam bertransaksi.

Target dalam memotivasi Anggota dan karyawan dalam mengatasi permasalahan di tengah Covid-19 adalah sebagai berikut :

a. Bagi Anggota :

  1. Tidak melakukan penarikan simpanan secara besar-besaran;
  2. Memahami dampak pandemic global terhadap koperasi;
  3. Meningkatkan simpanan wajib dan simpanan pokok koperasi untuk segmen anggota tertentu;
  4. Mengajak/membawa anggota baru koperasi;
  5. Tidak keluar menjadi anggota.

b. Bagi Karyawan :

  1. Memahami dan kebijakan dalam situasi krisis;
  2. Bersama-sama melaksanakan “protocol Kesehatan” koperasi;
  3. Memiliki nilai tambah seperti Motivasi, Integriras, Inisiatif, kompetensi;
  4. Mind-Set baru pelayanan prima;
  5. Bersiap-siap masuk New Normal.

Jika Kita Berfikir Positif Maka Akan Berdampak Positif Dan Berada Dalam Situasi Yang Positif

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

About admin