MEMBANGUN DAYA SAING KOPERASI DI ERA INDUSTRI 4.0

H. MOHAMAD IMRAN, SE,.M.Si – WIDYAISWARA AHLI MADYA

H. MOHAMAD IMRAN, SE,.M.Si – WIDYAISWARA AHLI MADYA

Koperasi merupakan bagian dari tata susunan ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya koperasi turut mengambil bagian bagi tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik bagi orang-orang yang menjadi anggota koperasi maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan Bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan Bersama dari para anggotanya.

Prinsip koperasi sendiri ditegaskan dalam Undang-Undang RI Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian pasal 5, yaitu Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, Pengelolaan dilakukan secara demokratis, Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota, Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal dan Kemandirian. Koperasi adalah Lembaga bisnis yang berwatak social. Sebagai institusi bisnis, koperasi mau tidak mau menghadapi kompetisi bisnis yang kian ketat. Apapun jenisnya, koperasi terus menghadapi persaingan usaha baik terhadap koperasi sejenis (produksi dan pemasaran), persaingan dengan Lembaga pembiayaan non bank/perbankan bagi Koperasi Simpan Pinjam (KSP).
Menurut Organization For Economic Co-Operation And Development (OECD) menyebutkan bahwa daya saing adalah kemampuan perusahaan, industry, daerah, negara atau antar daerah untuk menghasilkan factor pendapatan dan factor pekerjaan yang relative tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional. Oleh karena daya saing industry merupakan fenomena di tingkat mikro perusahaan, maka kebijakan pembangunan industry nasional didahului dengan mengkaji sector industry secara utuh sebagai dasar pengukurannya.

Semoga bermanfaat bagi masyarakat kita,
Aaamiin Ya Rabbal Aalamiin. Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

“Bangunlah nilai-nilai dan terapkan dalam hidup anda, Dalam usaha yang anda bangun, Janganlah melakukan sesuatu pada orang lain, Hal yang anda sendiri tidak ingin mengalaminya”.

Penulis: H. MOHAMAD IMRAN, SE,.M.Si – WIDYAISWARA AHLI MADYA

 

 

 

 

About admin