Dari Kita Untuk Kita Menuju Sukses Bersama-sama

Koprasi Serba Usaha Cabe Rawit (KCR)  Mataram tadi pagi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2019 di Balai Latihan Koperasi UKM NTB dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM NTB Drs.H.Lalu Wirajaya Kusuma,MH, Pengurus dan Pengelola dan sekitar 48 anggota dari 93 anggota yang ada. (24/06/2020)

Ketua KCR Wagini SH mengatakan RAT tahun ini seharusnya akan dilaksanakan pada bulan maret namun karna adanya pendemi wabah virus korona akhirnya RAT diundur pada bulan juni, sebelumnya tanggal 22 juni 2020 telah di laksanakan pra RAT dengan menunjuk moderator dan sekretaris sebagai petugas pada RAT tanggal 24 juni 2020.

Wagini menegaskan dalam berkoperasi KCR sangat menjunjung tinggi dan mengutamakan nilai azas kebersamaan,sejahtera bersama,maju bersama serta sukses bersama, ini sesuai dengan motto KCR yakni  “Dari Kita Untuk Kita Menuju Sukses Bersama-sama”. Untuk itu sangat diharapkan adanya pro aktif dari para anggota agar disiplin,tertib dan merasakan manfaatnya berkoperasi .

“untuk itu mari kita sama-sama ucapkan motto kita “Dari Kita Untuk Kita Menuju Sukses Bersama-sama”. Ujar Wagini sambil meminta semua anggota yang hadir ikut mengucapkan bersama-sama motto KCR

Waginipun menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan RAT tahun ini,  KCR tetap mengedepankan protocol kesehatan Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah yakni menjaga jarak,cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer  dan menggunakan masker .

Selaku Kepala Dinas Koperasi UKM NTB, yang baru menjabat kurang lebih tiga bulan, Drs.H.Wirajaya Kusuma,MH mengatakan sangat senang dan bangga dengan adanya Koperasi Cabe Rawit ini, karna koperasi ini merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya para pengusaha. Mengingat RAT merupakan amanat undang-undang no.25 tentang perkoperasian bahwa setiap koperasi wajib melaksanakan RAT setiap tahunnya sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi.

“Rapat anggota ini merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi, jadi segala urusan , baik itu kebijakan yang berurusan dengan koperasi itu berada di Rapat Anggota Tahunan, mengapa demikian karna anggotalah yang punya kekuasaan. Maka muncullah kalimat “Dari Anggota,Oleh  Anggota dan Untuk Anggota”. Tandasnya

Wirajaya berharap adanya kebersamaan dan kerjasama  yang baik diantara para pengurus dan anggota.

 “Tidak bisa satu orang itu mencapai sukses tanpa adanya kerjasama orang lain, oleh karna itu sangat tepat KCR ini terdiri dari berbagai macam usaha seperti kuliner,konveksi,kerajinan dan lain sebagainya kumpul dalam satu wadah yakni koperasi”. Ujarnya.

Data KCR menyebutkan bahwa untuk RAT tahun buku 2019 jumlah SHU sebesar  2.431.559 lebih kecil dari SHU tahun buku 2018 yakni sebesar 7.004,978. Dalam kesempatan itu ketua KCR  menyerahkan dan PDK (Pembangunan Dana Kerja) kepada Kadiskop UKM NTB.

 

About admin